Rabu, 10 Oktober 2012

Cara Membuat Susu Kedelai


Bahan-bahan membuat susu kedelai :

  1. Kacang Kedelai – 1/2 kg (sesuai kebutuhan)
  2. Gula pasir – sesuai selera
  3. Garam – secukupnya
  4. Vanili - 1 bungkus (untuk 1/2 kg kedelai)


Peralatan membuat susu kedelai:
  1. Blender
  2. Kompor
  3. Panci
  4. Kain tipis yang bersih


Langkah-langkah cara membuat susu kedelai :
  1. Kedelai dicuci bersih lalu direndam di air bersih selama 8 – 12 jam, kira-kira sampai mengembang dan empuk. Gantilah airnya setiap 4 jam sekali.
  2. Setelah itu bilas dengan air bersih sampai bersih.
  3. Kemudian direbus sampai matang / agak empuk, lalu tiriskan.
  4. Setelah agak dingin lalu diblender dengan perbandingan 1(kedelai) banding 2(air) agar mendapatkan susu kedelai yang kentalnya sedang.
  5. Kemudian hasilnya disaring dengan saringan kain tipis yang bersih. Penyaringan dapat dilakukan dengan diperas agar semua kandungan kedelai bisa keluar.
  6. Hasilnya berupa susu mentah kemudian direbus hingga mendidih sekali saja.
  7. Kecilkan api dan biarkan di atas api sampai +- 15 menit sambil terus di aduk aduk tujuannya agar susu kedelai lebih tahan lama dan tidakmudah basi selain itu juga agar susu kedelai bisa tercampur dengan baik/ tidak mengendap bila di biarkan.
  8. Setelah itu tambahkan gula dan garam sesuai selera, juga masukkan vanili untuk penambah aroma, atau kalau mau ditambah jahe juga boleh atau perasa strawberry , durian dll sesuai selera.
  9. Setelah itu berarti susu kedelai siap dihidangkan. Nikmat disantap hangat-hangat, segar bila sudah didinginkan, lebih menggairahkan bila dimasukkan kulkas pendingin.


Susu kedelai bisa divariasikan rasa dan khasiatnya, bisa ditambah perasa durian, ciklat, strawbery dll sesuai selera. Untuk vitalitas dan stamina tubuh bisa juga ditambahkan madu saat sudah hangat agar madunya tidak rusak. Bila untuk ibu hamil dan menyusui bisa ditambahkah daun katuk untuk melancarkan asi.

Agar lebih tahan lama, setelah dingin segerakan simpan di lemari es agar susu kedelai bisa tahan lebih lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SLOGAN

  © Blogger templates Developed By Metana2010 in Blog 2010

Back to Top